SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
1.SISTEM
KEAMANAN KOMPUTER DAN KONTROL SISTEM INFORMASI PADA WANRNET SERTA ANTI VIRUS YANG DIGUNAKAN?
A.PENDAHULUAN
Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri atas komputer dan
perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu
tujuan yang sama. Internet (inter-network) dapat diartikan jaringan computer
luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya
dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh
dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas
layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di
internet.
Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar.
Penggunaan teknologi komputer dan komunikasi sangat berpengaruh terhadap
bentuk sistem organisasi komputer. Sekarang ini, konsep ”pusat komputer’ dalam
sebuah ruangan dimana semua pengguna mengolah data, merupakan konsep yang
ketinggalan zaman. Konsep komputer tunggal yang melayani seluruh tugas
komputasi suatu organisasi telah diganti oleh sekumpulan komputer yang
berjumlah banyak dan terpisah-pisah, tetapi saling berhubungan dalam
melaksanakan tugasnya. Yang disebut sebagai sistem jaringan komputer. Jaringan
komputer merupakan himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang saling
berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya, dengan menggunakan protokol
komunikasi melalui media komunikasi (telephone) sehingga dapat saling berbagi
informasi, program dan penggunaan bersama perangkat keras. Pemanfaatan jaringan
komputer banyak digunakan di berbagai instansi bank, perusahaan, warnet,
laboratorium, universitas.
Komputer dan jaringan internet tidak dapat dipisahkan lagi karena kedua hal
itu sangat diperlukan dalam memudahkan segala urusan dan kebutuhan manusia.
Jaringan internet sekarang sudah tidak asing lagi bahkan disetiap instansi atau
lembaga menyediakan area hot spot. Karena sebegitu pentingnya internet bagi
menunjang pekerjaan bagi setiap orang sekarang banyak sekali orang yang membuka
warung internet atau biasa disebut dengan warnet. Jaringan komputer pada warnet
di fokuskan pada akses jaringan internet. Internet banyak digunakan untuk
memperoleh berbagai informasi, bahan atau materi kuliah, media untuk bisnis,
komunikasi, dll.
Pemasangan jaringan internet melalui jaringan telepon yang di salurkan ke
tiap-tiap komputer melalui modem (ADSL) dengan menggunakan provider SPEEDY.
Jaringan SPEEDY dipilah sebagai koneksi internet karena akses atau koneksinya
cukup cepat, namun terkadang koneksi lambat bahkan koneksinyan terputus, hal
ini disebabkan karena bandwithnya dibagi dengan banyak pengguna, sehingga
terjadi perebutan bandwith atau jalur yang dilalui oleh gelombang pada
internet.
Dalam hal ini kita akan membahas hasil survei tentang bagaimana sistem jaringan komputer dan sistem jaringan internet di warnet melia cyber.net
Dalam hal ini kita akan membahas hasil survei tentang bagaimana sistem jaringan komputer dan sistem jaringan internet di warnet melia cyber.net
B.MAKSUD
DAN TUJUAN OBSERVASI
Maksud dan tujuan dari survei kami adalah untuk mengetahui bagaimana sistem
jaringan komputer dan internet di warnet melia cyber.net mengetahui sistem
keamanan yang digunakan, perangkat yang digunakan, perawatan perangkat, dan
mengetahui gangguan apa saja yang sering dialami oleh jaringan internet,
sehingga nantinya makalah ini dapat dijadikan sumber referensi bagi para
pembaca.
C.DESKRIPSI
TEMPAT OBSERVASI
Nama warnet
: melia cyber.net
Lokasi
: belakang
grandmall bekasi
Fasilitas
: Printing, Scan,
Burning CD, cetak dan edit foto,
Web camera, Card Reader, Bluetooth, Headset, Musholla, Toilet
Tarif
: 3000/jam, 1500/jam
(setelah jam 22.00)
D.HASIL
OBSERVASI
Kami mengadakan survei dengan cara mengajukan berbagai macam pertanyaan dan
langsung dijawab oleh narasumber,yaitu:
1.Perangkat apa saja
yang digunakan dalam pemasangan internet?
Jawab: Perangkat yang digunakan dalam pemasangan internet di melia
cyber.net adalah komputer, spliter, kabel telepon, modem switch hub, dan kabel.
2.Jaringan apa (provider) yang digunakan ?
Jawab : Provider yang digunakan adalah SPEEDY
3.Bagaimana cara kerja
sistem jaringan yang digunakan ?
Jawab :Sistem jaringan ke ADSL dihubungkan kejaringan internet melalui
jaringan line telepon. Dengan menumpang pada jaringan telepon rumah yang
dipisahkan mengunakan alat bernama spliter yg berguna untuk memisahkan antara
jaringan internet dengan jaringan telepon kemudian jaringan internet disalurkan
ke modem dan switch hub untuk diteruskan ke semua perangkat komputer.
4.Kendala apa yang sering
dialami dalam pengelolaan jaringan internet?
Jawab : Kendala yang dialami adalah:
a. Koneksi terputus dari provider
b. Serangan virus yang mengacaukan jaringan ( Spam , worm, dll )
c. Komputer trouble
5.Alat apa yang
digunakan untuk mengamankan data, jaringan internet dan jaringan komputer?
Jawab : alat yang digunakan untuk mengamankan data adalah
1. Antivirus
2. Pemasangan Router.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan. Di dalam
router bisa diseting firewall, penutupan bagian- bagian yang sering digunakan
virus dan dapat digunakan sebagai limiter.
Jenis topologi yang digunakan adalah topologi stars. Sistem keamanan data
yang digunakan adalah deefresh (komputer dibekukan). Manfaat dari penggunaan
sistem deepfresh yaitu :
6.Untuk mencegah
masuknya virus dari flashdisk dari para penggunaan
billing.
1. Untuk mencegah sistem
hilang dan rusak.
2. Untuk mencegah account
client yang belum ditutup ketika
menggunakan internet.
7.Adakah keluhan dari
pengunjung? Masalahnya apa?
Jawab : Ada. Jika koneksi dari SPEEDY lambat, banyak yang komplain.
Kelemahan dari SPEEDY adalah bandwithnya dihubungkan dengan banyak pengguna
sehingga terjadi perebutan bandwith. Tetapi kalau memakai ISP bandwith yang
diperoleh hanya sesuai dengan yang disewa saja.
1. Perawatan apa sajakah
yang dilakukan?
Perawatan yang dilakukan antara lain :
1. Penginstalan ulang
operasi sistem maupun pemrogaman pendukung akses internet download ( IDM,
Macromedia Flash, FLV, Opera, K-Lite, Flash Player ).
2. Penggantian hardward
meliputi hardisk dan LAN card.
3. Pembersihan PC dan
pemberian pasta.
E.PEMBAHASAN
HASIL OBSERVASI
Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet Perangkat keras
(Hardware) yang dibutuhkan untuk mengakses internet dan fungsinya, antara lain:
1.
KOMPUTER
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet.
Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan
cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah
komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi
berikut:
Processor merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 164 MB. Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secarmagnetik. Harddisk minimal 10GB VGA card . Merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB. Monitor merupakan perangkat output.
Processor merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 164 MB. Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secarmagnetik. Harddisk minimal 10GB VGA card . Merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB. Monitor merupakan perangkat output.
2.
MODEM
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan
bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap
untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal
informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang
diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem
merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua
arah. Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital
komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi
dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan
fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:
·
Modem Dial Up ( Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL)
Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital
menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi
dengan internet. Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang
langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam
yaitu:
1) Modem Internet
Modem Internet merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada
slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem
internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungannya:
Keuntungannya:
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada
banyak kabel.
Kelemahannya:
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk
memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan
daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah
panas.
2) Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem
eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem
ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi
ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk
digunakan pada komputer lain
b) Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status
dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal:
a) Harga lebih mahal dari pada modem internal
b) Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem
tersebut.
·
Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber line).
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari
teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data
ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
3. Saluran
Telepon (Line Telepon)
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan
untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini
juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus
mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang
secara langsung dapat melakukan akses internet. Untuk mengamankan data dan
jaringan kita dapat menggunakan antivirus dan pemasangan Router. Router adalah
sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah
jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal
sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan
seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router
berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan
data dari satu jaringan kejaringan lainnya. Di dalam router dapat disetting
firewall, yang bertujuan untuk mencegah masuknya trafik yang tidak di inginkan
ke dalam jaringan, bersamaan dengan trafik yang di inginkan (menutup bagian-
bagian yang sering di gunakan virus.
Router terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah router dengan
windows 2007. Dengan memenuhi standar perusahaan Microsoft untuk Windows 7,
router ini memastikan para konsumen mendapat hasil yang maksimal dari jaringan
mereka,” kata Desmond Toh, Direktur Pemasaran D-Link International Pte Ltd.
Selain mendukung teknologi berstandar 802.11n dan menyediakan kinerja nirkabel
berkecepatan tinggi. Perangkat ini juga dilengkapi fitur keamanan jaringan
terbaru guna mencegah akses tidak dikenal serta mendukung WPA dan WPA2 untuk
tugas enkripsi terbaik, terlepas dari jenis perangkat apa yang digunakan oleh
konsumen. Router ini dilengkapi sebuah Wi-Fi protected setup sederhana untuk
kemudahan dalam menambah perangkat klien dan mengamankan jaringan. Sebagai
tambahan, produk ini dilengkapi Firewall stateful packet inspection (SPI) dan
fitur pengunci serangan peretas untuk mencegah akses yang tak dikenal ke
jaringan.
SPI akan memeriksa paket-paket yang masuk sebelum mereka diperbolehkan
masuk ke jaringan. Sementara itu, fitur pengunci serangan peretasnya akan
melindungi jaringan dari serangan denial of service.
Selain sebagai router nirkabel, perangkat ini berfungsi sebagai sambungan
Ethernet WAN. Yang memiliki kesesuaian penuh dengan perangkat nirkabel 802.11
b/g serta memiliki empat port Ethernet untuk menghubungkan PC, server printer,
dan perangkat lain.
Router selain dilengkapi dengan Wi-Fi protected setup dan SPI juga di
gunakan sebagai bandwith limiter. Bandwidth Limiter adalah sebuah cara atau
aplikasi atau software untuk membatasi koneksi internet dari user dalam suatu
Local Area Network atau Wide Area Network sehingga koneksi yang didapat oleh
semua user dalam satu struktur jaringan, diharapkan untuk bisa hampir setara.
Ketika gagal melakukan pembatasan bandwidth dengan cara melakukan pembatasan koneksi, maka dilakukan setting dengan melakukan pembatasan bandwidth dengan cara pengalokasian jumlah bandwidth yang tersedia kepada user. Karena saat ini Telkom Speedy, sudah meningkatkan downstream menjadi 1019 Kbps untuk dan upstream 123 Kbps, maka di bagi untuk setiap user mendapatkan jatah sebesar 25Kbps.
Ketika gagal melakukan pembatasan bandwidth dengan cara melakukan pembatasan koneksi, maka dilakukan setting dengan melakukan pembatasan bandwidth dengan cara pengalokasian jumlah bandwidth yang tersedia kepada user. Karena saat ini Telkom Speedy, sudah meningkatkan downstream menjadi 1019 Kbps untuk dan upstream 123 Kbps, maka di bagi untuk setiap user mendapatkan jatah sebesar 25Kbps.
Kendala yang sering dialami dalam sistem jaringan internet adalah Koneksi
terputus dari provider dan serangan virus yang mengacaukan jaringan (Spam,
worm, dll). Ketika berlangganan SPEEDY saluran telepon anda akan menjadi
saluran ADSL. Micro-Filter digunakan pada saluran telepon anda sehubungan
dengan peningkatan kualitas koneksi SPEEDY. Micro-Filter akan memfilter
frekwensi tinggi sehingga ADSL signal tidak akan mempengaruhi telepon pada saat
digunakan. Sebagai hasilnya saluran telepon anda dapat digunakan untuk surfing
Internet dengan kecepatan tinggi dan telepon anda tetap dapat digunakan akan
(baik menerima maupun menelpon) secara bersamaan tanpa adanya interferensi dari
High-Speed Internet.
Koneksi internet saat ini semakin bertambah cepat, dari broadband, fiber to
home, kabel modem dengan triple pay yang menawarkan 1 koneksi dengan berbagai
layanan. Salah satu layanan internet yang paling mudah dan murah biayanya saat
ini di Indonesia adalah koneksi menggunakan teknologi ADSL yang di sediankan
oleh TELKOM dengan Brand.
F. KESIMPULAN
Komputer dan jaringan internet tidak dapat dipisahkan karena keduanya
sangat dibutuhkan oleh manusia, baik bagi dunia pendidikan, IPTEK, industri dan
sebagainya. Pemanfaatan komputer dan jaringan internet mampu mempermudah
pengguna dalam membantu pekerjaan mereka. Walaupun keduanya mempunyai
kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan adanya internet, manusia seperti
dibuat mudah karena informasi apa saja yang diinginkan ada dalam internet.
2.DATA BASE MENGENAI PENGISIAN KRS DAN PEMINJAMAN BUKU PERPUSTKAAN DAN
INTERNET LOUNGE.
PENGISIAN
KRS.
Kartu Rencana Studi atau KRS adalah
kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa
dalam setiap semester. Dalam KRS tercantum data mahasiswa seperti : Nama, NPM,
Kelas, Fakultas, Jurusan, Jumlah Semester, Tahun Akademik, Kode Mata Kuliah,
Mata Kuliah, SKS.
KRS berlaku apabila ada pas foto
mahasiswa yang bersangkutan dan di cap oleh universitas tersebut.
KRS juga butuhkan saat ujian berlangsung, dan KRS yang
dapat di gunakan adalah KRS yang masih aktif , atau KRS semester baru.
Pengisian
KRS bisa di lakukan di PSMA online setiap per- semester .
Sebelum
melakukan pengisian KRS, kita harus memperhatikan persyaratan yang telah di
buat oleh pihak PSMA.
Persyaratan
membuat KRS
1.
Berpakaia Rapi
2.
Memakai sepatu tertutup
3.
Membawa FRS yang sudah di isi
4.
Membawa pas foto
hitam putih atau berwarna berukuran 3x4 terbaru
5.
Membawa blangko merah atau tanda bukti pembayaran per
semester.
Prosedur Pelaksanaan Kegiatan
KRS digambarkan pada bagan
Keterangan : Prosedur
pengisian KRS diawali dengan mahasiswa menyerahkan fotokopi tanda bukti
pembayaran uang kuliah (blanko) berwarna merah ke
bagian Front Office (FO), yang melayani informasi di bidang
Akademik dan Keuangan. Kemudian FO memeriksa blanko dan memberikan form KRS
kepada mahasiswa. Mahasiswa mengisi form KRS dan mengumpulkannya pada Ketua
Jurusan (Kajur), yang kemudian diperiksa dan disetujuinya, lalu diserahkan ke
BAAK. Lalu BAAK
memeriksa dan menyetujuinya dan jika disetujui, KRS diserahkan ke FO kembali
untuk diberikan kepada mahasiswa dan
mahasiswa memperbanyak KRS dan memberikan fotocopy KRS kepada FO untuk
diberikan kepada Kajur dan BAAK. Prosedur ini digambarkan pada gambar diatas.
Penjelasan Prosedur Pengisian KRS
a. Mahasiswa
membawa FRS yang sudah diisi sebelumnya serta blanko buku pembayaran uang
kuliah, mahasiswa menuju counter pengecekan blanko. Jika mahasiswa tidak membwa
blanko berwarna merah dapat menyerahkan KTM atau KRS yang lama. Setelah blanko
pembayaran atau KTM/KRS telah dicek, mahasiswa langsung dapat memulai pengisian
KRS diterminal komputer yang aktif.
b. Jika
terdapat hal yang tidak jelas selama pengisian KRS mahasiswa dapat bertanya
pada PA (Pembimbing Akademik) yang bertugas.
c. Jika
sudah selesai mahasiswa dapat keluar dan menuju loket untuk mengambil KRS
dengan menyerahkan blanko pembayaran yang berwarna merah yang telsh dicek dan
pas foto 3 x 4.
2.PEMINJAMAN BUKU PERPUSTKAAN
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN
Pengertian, Tujuan dan Tugas Pokok Perpustakaan
Perpustakaan adalah institusi/lembaga yang menyediakan koleksi bahan perpustakaan tertulis, tercetak dan terekam sebagai pusat sumber informasi yang diatur menurut sistem dan aturan yang baku dan didayagunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian dan rekreasi intelektual bagi masyarakat Perpustakaan secara umum bertujuan untuk melakukan layanan informasi literal kepada masyarakat. Tujuan khusus dibedakan oleh jenis perpustakaannya. Karena tujuannya member layanan informasi literal kepada masyarakat maka tugas pokok adalah:
a) Menghimpun bahan pustaka yang meliputi buku dan nonbuku sebagai sumber informasi.
b) Mengolah dan merawat pustaka.
c) Memberikan layanan bahan pustaka.
Koleksi Perpustakaan
Beberapa jenis koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan adalah:
1. Buku Beberapa jenis buku yang dimiliki oleh sebuah Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut:
a. Buku Teks.
b. Buku Penunjang.
c. Laporan Kerja Praktek.
d. Tugas Akhir atau Thesis.
e. Buku Tandon (Buku Tandon).
1. Koleksi Referensi
Isi buku referensi tidak mendalam dan kadang-kadang hanya memuat informasi tertentu saja
2. Jenis Serial (Terbitan Berkala)
Pada umumnya terbitan berkala berupa majalah dan koran. Jika dilihat dari isinya majalah dibedakan majalah
populer, semi populer dan ilmiah
3. Brosur yaitu buku atau lembaranlembaran lepas yang memuat masalahmasalah aktual yang bersifat sementara.
4. Bahan Pandang Dengar (Audio Visual) Bahan pandang dengar memuat informasi yang dapat ditangkap secara
bersamaan oleh indra mata dan telinga
Klasifikasi Bahan Pustaka dan Penempatan Koleksi.
Isi buku referensi tidak mendalam dan kadang-kadang hanya memuat informasi tertentu saja
2. Jenis Serial (Terbitan Berkala)
Pada umumnya terbitan berkala berupa majalah dan koran. Jika dilihat dari isinya majalah dibedakan majalah
populer, semi populer dan ilmiah
3. Brosur yaitu buku atau lembaranlembaran lepas yang memuat masalahmasalah aktual yang bersifat sementara.
4. Bahan Pandang Dengar (Audio Visual) Bahan pandang dengar memuat informasi yang dapat ditangkap secara
bersamaan oleh indra mata dan telinga
Klasifikasi Bahan Pustaka dan Penempatan Koleksi.
Koleksi perpustakaan harus diolah dan diatur secara sistematis, dengan tujuan untuk memudahkan penemuan kembali koleksi yang dibutuhkan. Kegiatan pengaturan atau pengelompokan bahan pustaka berdasarkan aturan tertentu disebut dengan klasifikasi. Tujuan klasifikasi dapat dirinci sebagai berikut:
A. Menghasilkan urutan yang berguna
B. Penempatan yang tepat bila bahan pustaka diperlukan pemakai, pustaka yang diinginkan mudah diketemukan serta mudah dikembalikan.
C. Penyusunan mekanis bahan pustaka baru mudah disisipkan di antara bahan pustaka yang sudah dimiliki. Klasifikasi yang digunakan untuk menayakan subjek berkelas (pengkelasan atau pengelompokan berdasarkan subjek yang dikandung sebuah buku) adalah bagan klasifikasi seperti :
a) Dewey Decimal Classification (DDC) yang dalam istilah Indonesia dikenal dengan Klasifikasi Persepuluhan Dewey.
b) Universal Decimal Classification (UDC)
c) Library of Conggress Classification (LC)
Jenis Layanan Perpustakaan
Beberapa Jenis Layanan Perpustakaan secara umum adalah sebagai berikut :
a. Layanan peminjaman bahan pustaka (layanan sirkulasi) Layanan peminjaman bahan pustaka adalah layanan kepada pemakai perpustakaan berupa peminjaman bahan pustaka yang dimilikii perpustakaan.
b. Layanan referensi Koleksi ini tidak boleh dibawa pulang oleh pengunjung perpustakaan dan hanya untuk dibaca ditempat.
c. Layanan ruang baca Layanan ruang baca adalah layanan yang diberikan oleh perpustakaan berupa tempat layanan untuk melakukan kegiatan membaca di perpustakaan.
Layanan Sirkulasi
Layanan sirkulasi atau layanan pemijaman dan pengembalian bahan pustaka adalah satu kegiatan di perpustakaan yang melayani peminjaman dan pengembalian buku. Kegiatan sirkulasi dapat dilaksanakan sesudah buku-buku selesai diproses dengan lengkap dengan labellabelnya seperti kartu buku, kartu tanggal kembali, kantong buku, dan call number pada punggung buku. Menurut Sulistyo-Basuki, bagian layanan sirkulasi mempunyai tugas melayani pengunjung perpustakaan khususnya hal berikut ini :
1. Mengawasi keluarnya setiap bahan pustaka dari ruang perpustakaan.
2. Pendaftaran anggota perpustakaan Salah satu tugas dari bagian sirkulasi adalah menerima pendaftaran anggota perpustakaan.
3. Peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
4. Memberikan sanksi bagi anggota yang terlambat mengembalikan pinjaman.
5. Memberikan peringatan bagi anggota yang belum mengembalikan pinjaman
6. Menentukan penggantian buku yang dihilangkan anggota.
7. Membuat statistik sirkulasi
8. Penataan koleksi di jajaran/rak
Beberapa Jenis Layanan Perpustakaan secara umum adalah sebagai berikut :
a. Layanan peminjaman bahan pustaka (layanan sirkulasi) Layanan peminjaman bahan pustaka adalah layanan kepada pemakai perpustakaan berupa peminjaman bahan pustaka yang dimilikii perpustakaan.
b. Layanan referensi Koleksi ini tidak boleh dibawa pulang oleh pengunjung perpustakaan dan hanya untuk dibaca ditempat.
c. Layanan ruang baca Layanan ruang baca adalah layanan yang diberikan oleh perpustakaan berupa tempat layanan untuk melakukan kegiatan membaca di perpustakaan.
Layanan Sirkulasi
Layanan sirkulasi atau layanan pemijaman dan pengembalian bahan pustaka adalah satu kegiatan di perpustakaan yang melayani peminjaman dan pengembalian buku. Kegiatan sirkulasi dapat dilaksanakan sesudah buku-buku selesai diproses dengan lengkap dengan labellabelnya seperti kartu buku, kartu tanggal kembali, kantong buku, dan call number pada punggung buku. Menurut Sulistyo-Basuki, bagian layanan sirkulasi mempunyai tugas melayani pengunjung perpustakaan khususnya hal berikut ini :
1. Mengawasi keluarnya setiap bahan pustaka dari ruang perpustakaan.
2. Pendaftaran anggota perpustakaan Salah satu tugas dari bagian sirkulasi adalah menerima pendaftaran anggota perpustakaan.
3. Peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
4. Memberikan sanksi bagi anggota yang terlambat mengembalikan pinjaman.
5. Memberikan peringatan bagi anggota yang belum mengembalikan pinjaman
6. Menentukan penggantian buku yang dihilangkan anggota.
7. Membuat statistik sirkulasi
8. Penataan koleksi di jajaran/rak
1. Skenario pendaftaran Anggota
Syarat menjadi anggota ruang baca adalah registrasi. Untuk melakukan registrasi seorang yang belum menjadi anggota dapat mendaftarkan langsung ke Pustakawan akan tetapi dia harus mengisi formulir pendaftaran secara online. Setelah user mengisi formulir tersebut, maka data tersebut akan dapat dilihat oleh Pustakawan. Setelah calon anggota tersebut melakukan pembayaran maka Pustakawan dapat melakukan registrasi, dengan menekan link registrasi. Setelah menekan link tersebut maka akan tampil halaman FormRegistrasi.asp yang digunakan untuk meregistrasi anggota baru.
2. Skenario Pengusulan
Pembelian Buku Untuk membeli sebuah buku diawali oleh Dosen yang mengusulkan sebuah buku. Setelah itu data usulan dimasukkan, Dosen akan dapat melihat bahwa data usulannya masuk di dalam daftar usulan yang belum disetujui. Setelah usulan-usulan Dosen disimpan, tugas Pustakawan adalah menyeleksi apakah usulan tersebut dihapus (ditolak) atau dibiarkan sehingga usulan tersebut masuk dalam pengajuan usulan ke Kajur. Selain itu juga dapat mengubah data usulan jika data tersebut salah sebelum disetujui oleh kajur. Proses ini disebut manajemen Usulan. Selanjutnya Kajur akan menyetujui usulan-usulan yang telah diajukan ke padanya. Sistem akan menyediakan Form Persetujuan Usulan untuk menyetujui usulan tersebut. Pada Form ini akan ditampilkan data usulan yang belum disetujui. Data tersebut diurutkan berdasarkan jumlah pengusul.
3. Skenario Pengolahan
Setelah melakukan pembelian buku, Pustakawan harus memasukkan data koleksi tersebut ke dalam sistem. Kemudian proses pengelolan akan dimulai . Dengan sistem ini Pustakawan dapat mencetak barcode koleksi untuk masing-masing koleksi pustaka. Selain itu sistem juga dapat membantu Pustakawan untuk mencetak barcode Anggota.
4. Skenario Peminjaman
Setelah sebuah koleksi melalui proses pengolahan, maka koleksi tersebut sudah dapat dipinjamkan kepada anggota. Ketika anggota meminjam buku perpustakaan, Pustakawan memasukkan no anggota dan menekan tombok Ok. Setelah itu sistem akan menyimpan data peminjaman dan akan menampilkan form untuk menambahkan data detail peminjaman. Dan Pustakawan mengisikan Kode Barcode dari koleksi yang akan dipinjam, tanggal kembali dan menekan tombol Ok. Bila pengisian tersebut salah, pustakawan dapat menekan tombol delete untuk menghapus data tersebut.
5. Skenario Pengembalian
Pada saat anggota mengembalikan buku pinjamannya, Pustakawan harus mencatat data pengembalian. Untuk mencatat data pengembalian Pustakawan mengisikan barcode koleksi yang dikembalikan pada form Pengembalian dan menekan tombol Find. Pada form ini informasi peminjam, informasi bukubuku yang telah dipinjam namun belum dikembalikan, tanggal terakhir harus dikembalikan, dan denda yang harus dibayar, jumlah perpanjangan yang pernah dilakukan akan ditampilkan. Untuk mencatat data pengembalian Pustawakan harus menandai buku yang dikembalikan pada form pengembalian, mengisi denda untuk masing-masing buku, dan menekan tombol pengembalian.
6. Skenario Perpanjangan
Setelah Pustakawan menandai buku yang akan diperpanjang, mengisi tanggal perpanjangan dan menekan tombol perpanjangan, maka tanggal kembali akan berubah, dan jumlah perpanjangan berubah dari angka nol menjadi angka satu. Angka satu pada jumlah perpanjangan menunjukkan buku tersebut sudah diperpanjang sebanyak satu kali.
7. Skenario Booking Buku.
Seorang anggota dapat melihat status dari buku-buku yang ada pada perpustakaan secara online. Setelah mengetahui bahwa buku yang mau dipinjam sudah dipinjam oleh orang lain, maka buku ini dapat di-booking sehingga orang yang meminjam buku tersebut tidak diperbolehkan untuk memperpanjang peminjamannya. Setelah ditambahkan anggota dapat melihat semua buku-buku yang dibooking pada keranjang booking. Setelah melakukan booking anggota menunggu sampai status buku tersebut sudah dikembalikan. Jika sudah dikembalikan, maka anggota tersebut langsung menuju ke perpustakaan untuk melakukan peminjaman buku yang telah dipesan. Data booking sudah dapat dilihat oleh Pustakawan pada form peminjaman, sehingga Pustakawan dapat langsung menambahkan ke data peminjaman, ketika anggota tersebut meminjam.
Syarat menjadi anggota ruang baca adalah registrasi. Untuk melakukan registrasi seorang yang belum menjadi anggota dapat mendaftarkan langsung ke Pustakawan akan tetapi dia harus mengisi formulir pendaftaran secara online. Setelah user mengisi formulir tersebut, maka data tersebut akan dapat dilihat oleh Pustakawan. Setelah calon anggota tersebut melakukan pembayaran maka Pustakawan dapat melakukan registrasi, dengan menekan link registrasi. Setelah menekan link tersebut maka akan tampil halaman FormRegistrasi.asp yang digunakan untuk meregistrasi anggota baru.
2. Skenario Pengusulan
Pembelian Buku Untuk membeli sebuah buku diawali oleh Dosen yang mengusulkan sebuah buku. Setelah itu data usulan dimasukkan, Dosen akan dapat melihat bahwa data usulannya masuk di dalam daftar usulan yang belum disetujui. Setelah usulan-usulan Dosen disimpan, tugas Pustakawan adalah menyeleksi apakah usulan tersebut dihapus (ditolak) atau dibiarkan sehingga usulan tersebut masuk dalam pengajuan usulan ke Kajur. Selain itu juga dapat mengubah data usulan jika data tersebut salah sebelum disetujui oleh kajur. Proses ini disebut manajemen Usulan. Selanjutnya Kajur akan menyetujui usulan-usulan yang telah diajukan ke padanya. Sistem akan menyediakan Form Persetujuan Usulan untuk menyetujui usulan tersebut. Pada Form ini akan ditampilkan data usulan yang belum disetujui. Data tersebut diurutkan berdasarkan jumlah pengusul.
3. Skenario Pengolahan
Setelah melakukan pembelian buku, Pustakawan harus memasukkan data koleksi tersebut ke dalam sistem. Kemudian proses pengelolan akan dimulai . Dengan sistem ini Pustakawan dapat mencetak barcode koleksi untuk masing-masing koleksi pustaka. Selain itu sistem juga dapat membantu Pustakawan untuk mencetak barcode Anggota.
4. Skenario Peminjaman
Setelah sebuah koleksi melalui proses pengolahan, maka koleksi tersebut sudah dapat dipinjamkan kepada anggota. Ketika anggota meminjam buku perpustakaan, Pustakawan memasukkan no anggota dan menekan tombok Ok. Setelah itu sistem akan menyimpan data peminjaman dan akan menampilkan form untuk menambahkan data detail peminjaman. Dan Pustakawan mengisikan Kode Barcode dari koleksi yang akan dipinjam, tanggal kembali dan menekan tombol Ok. Bila pengisian tersebut salah, pustakawan dapat menekan tombol delete untuk menghapus data tersebut.
5. Skenario Pengembalian
Pada saat anggota mengembalikan buku pinjamannya, Pustakawan harus mencatat data pengembalian. Untuk mencatat data pengembalian Pustakawan mengisikan barcode koleksi yang dikembalikan pada form Pengembalian dan menekan tombol Find. Pada form ini informasi peminjam, informasi bukubuku yang telah dipinjam namun belum dikembalikan, tanggal terakhir harus dikembalikan, dan denda yang harus dibayar, jumlah perpanjangan yang pernah dilakukan akan ditampilkan. Untuk mencatat data pengembalian Pustawakan harus menandai buku yang dikembalikan pada form pengembalian, mengisi denda untuk masing-masing buku, dan menekan tombol pengembalian.
6. Skenario Perpanjangan
Setelah Pustakawan menandai buku yang akan diperpanjang, mengisi tanggal perpanjangan dan menekan tombol perpanjangan, maka tanggal kembali akan berubah, dan jumlah perpanjangan berubah dari angka nol menjadi angka satu. Angka satu pada jumlah perpanjangan menunjukkan buku tersebut sudah diperpanjang sebanyak satu kali.
7. Skenario Booking Buku.
Seorang anggota dapat melihat status dari buku-buku yang ada pada perpustakaan secara online. Setelah mengetahui bahwa buku yang mau dipinjam sudah dipinjam oleh orang lain, maka buku ini dapat di-booking sehingga orang yang meminjam buku tersebut tidak diperbolehkan untuk memperpanjang peminjamannya. Setelah ditambahkan anggota dapat melihat semua buku-buku yang dibooking pada keranjang booking. Setelah melakukan booking anggota menunggu sampai status buku tersebut sudah dikembalikan. Jika sudah dikembalikan, maka anggota tersebut langsung menuju ke perpustakaan untuk melakukan peminjaman buku yang telah dipesan. Data booking sudah dapat dilihat oleh Pustakawan pada form peminjaman, sehingga Pustakawan dapat langsung menambahkan ke data peminjaman, ketika anggota tersebut meminjam.
FLOWCHART PEMINJAMAN BUKU PERPUSTKAAN
Internet
Lounge
Internet lounge adalah ruang yang dapat
digunakan oleh mahasiswa untuk akses internet secara gratis. Fasilitas ini
terdapat di kampus D, kampus E dan kampus J. Fasilitas ini dapat digunakan
mahasiswa dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa dan sebelumnya mahasiswa tersebut
sudah mengaktifkan studentsite(http://studentsite.gunadarma.ac.id/">
http://studentsite.gunadarma.ac.id). Tiap
lounge berisi 20 terminal dan pemakaiannya dibatasi maksimal 20 menit untuk
tiap user. Selama berada di lounge, mahasiswa wajib mentaati tata tertib
yang telah ditentukan.
Penggunaan Internet Lounge
a. Mahasiswa melakukan registrasi
ke petugas administrator Internet Lounge dengan menyerahkan KTM
sebagai Mahasiswa aktif;
b. Aktifitas Internet Lounge
yang dapat dilakukan adalah browsing;
c. Tidak diperbolehkan mengunjungi
situs PORNO, Chatting dan Game Online;
d. Selama di ruangan Internet Lounge
tidak diperbolehkan makan dan minum;
e. Aktifasi penggunaan Internet
Lounge setiap mahasiswa di batasi selama 20 menit per hari;
f. Tidak diperbolehkan meng-copy
file dari computer client;
g. Maksimum 1 mahasiswa setiap
komputer client internet lounge;
h. Selama berada diruangan
mahasiswa menitipkan barang (tas) ke admistrator dan saat keluar dari ruangan
dapat mengambil kembali.
Komentar
Posting Komentar