Tugas 2
Tugas 2
Dimisalkan anda diminta untuk mengelola sebuah usaha warnet, dimana warnet ini membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian agar dapat berjalan. Rumuskanlah visi dan misi dari warnet yang anda kelola selain itu buatlah pengorganisasian dari warnet yang anda kelola !
Jawaban :
Dimisalkan anda diminta untuk mengelola sebuah usaha warnet, dimana warnet ini membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian agar dapat berjalan. Rumuskanlah visi dan misi dari warnet yang anda kelola selain itu buatlah pengorganisasian dari warnet yang anda kelola !
Jawaban :
Warung Internet (Warnet)
Warung Internet adalah sebuah tempat yang menyediakan akses infrastruktur
internet
dengan berbagai koneksi dan komputer sebagai perangkat akses sehingga
pengguna bisa mengakses internet dengan biaya yang lebih murah.
Mengelola
sebuah warnet dibutuhkan konsentrasi dan kiat kiat manajemen agar usaha
kita dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal. 4P adalah
sebuah istilah dalam ilmu manajemen yang juga dikenal dengan istilah Marketing Mix. 4P yang dimaksud di sini adalah:
- Product = Produk yang di tawarkan
- Price = Harga
- Place = Tempat
- Promotion = Jenis Promosi
Setiap pengusaha warnet harus mampu mengelola secara optimal unsur unsur dalam 4P tersebut.
- Product
di
Warnet, produk utama kita tentunya adalah layanan koneksi
internet.Dalam memasarkan produk ini tentunya kita dituntut untuk bisa
memberikan warna yang berbeda dari saingan saingan kita yang punya
produk yang sama.Kita sebenarnya bisa mencontoh persaingan di operator
seluler.Operator seluler boleh dibilang cuma punya sedikit produk yang
utama: komunikasi suara dan teks. Namun coba perhatikan, begitu
kreatifnya operator seluler membuat derivatif produk sehingga masyarakat
bisa memilih berbagai jenis produk hanya dari satu operator saja.
Apa
yang membedakan produk kita dengan warnet tetangga? Jika tidak ada
usaha untuk membuat variasi produk, maka jelaslah jualan kita tidak
punya keunggulan sama sekali. Kita harus berusaha menganalisa kebutuhan
pelanggan, pasar yang belum tergarap untuk membuat sebuah varian produk
yang pada akhirnya menyasar pasar tertentu.
- Price
Setelah
kita memiliki produk, maka konsentrasi berikutnya adalah mengelola
harga jual. Maaf saja kalau saya katakan pengusaha pengusaha warnet
umumnya adalah pengusaha miskin inovasi dan cuma berkutat di perang
harga. Kemiskinan inovasi ini bisa kita lihat dari model pentarifan
yang statis dan hampir tidak pernah berubah. Padahal harga adalah
variabel yang bisa kita mainkan.
Memainkan
variabel harga akan menunjang varian produk. Katakanlah: ada harga
khusus buat member/anggota, harga khusus pelajar, harga khusus bagi
mereka yang mengakses lebih dari sekian jam, harga khusus buat mereka
yang datang berkelompok.
Harga
khusus tidak selalu berarti pemotongan harga. Pernahkah anda
mengeksplorasi kemungkinan kemungkinan ini? Apakah anda membedakan
harga antara jam ramai dan jam sepi? antara hari ramai dan hari sepi?
antara bulan ramai dan bulan sepi?
- Place
Pemilihan
tempat hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sedang berencana untuk
mulai berbisnis warnet. Jika mereka yang sudah berjalan, maka tempat
sudah merupakan hal yang tidak bisa di utak atik lagi dari sisi
posisi.Yang bisa kita optimalkan adalah sisi kenyamanan. Sebuah warnet
tidak perlu mewah untuk menjadi nyaman.Kebersihan dan kerapihan adalah
faktor yang penting.Hal hal kecil seperti rajin membersihkan keyboard,
mouse dan layar bisa jadi membantu meningkatkan posisi warnet di mata
pelanggan. Cobalah berpikir sebagai pelanggan pada saat-saat tertentu
dan rasakan apakah warnet kita cukup memberikan kenyamanan bagi
pelanggan kita?
Dalam persaingan warnet yang ketat, sebuah kelebihan kecil bisa memberikan kita keunggulan dalam bersaing.
- Promotion
Jika
ketiga “P” di atas sudah kita kelola dengan baik maka untuk
optimalisasi terakhir: lakukanlah promosi. Sebab bagaimana bisa warnet
anda dikenal oleh pelanggan tanpa di promosikan. Promosi pun harus
mampu menuju pasar yang kita target. Salah satu trik promosi yang
sering saya lihat dilakukan oleh warnet adalah dengan memajang
besar-besar tulisan “AKSES CEPAT”.Ini bukanlah trik promosi yang
baik.Dengan kondisi kecepatan dan lebar akses yang hampir sama, semua
warnet bisa mengaku yang tercepat, ini bagaikan iklan kecap, semuanya
mengaku no. 1.
Jadikanlah
Product, Price dan Place sebagai dasar promosi. Jika koneksi internet
yang anda gunakan termasuk istimewa, jadikanlah sebagai sebuah kejutan
bagi pelanggan anda.
VISI :
- · Menjadikan warnet sebagai salah satu tempat untuk memberikan pendidikan IT kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat sekitarnya.
- · Memberi kemudahan dalam meng-akses data (informasi).
- · Sebagai sumber sarana informasi.
- · Mempererat tali silturahmi sesama manusia(SOCIAL NETWORK).
- · Mengantar masyarakat mengenal GLOBAL EDUCATION
MISI :
- · Mencerdaskan masyarakat umum agar lebih mengenal dunia melalui fasilitas internet dengan biaya yang lebih terjangkau.
- · Memberikan Pendidikan Atau Pengetahuan Secara umum
- · Memberikan Pelayanan yang baik dan saran dalam pengunaan internet.
- Menciptakan lapangan kerja untuk orang-orang sekitar.
Komentar
Posting Komentar